Pengertian LAN ( Local Area Network ) Pada Jaringan Komputer

Pengertian LAN ( Local Area Network ) Pada Jaringan Komputer - Kali ini penulis akan membahas tentang jaringan LAN yang digunakan dalam ilmu komputer. LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dalam area yang relatif kecil seperti perkantoran di sebuah gedung, atau kampus. LAN dibagi menjadi 2 tipe jaringan yaitu :

1. Jaringan Peer to Peer.
Peer to Peer adalah jaringan LAN dimana setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan LAN tersebut dapat bertindak sebagai komputer pengguna (workstation) ataupun sebagai komputer penyedia layanan (server).

2. Jaringan Client Server. 
Client Server adalah jaringan LAN dimana hanya ada satu komputer yang bertindak sebagai penyedia layanan (server) dan yang lain sebagai komputer pengguna (workstation). 


local area network


Jaringan LAN biasanya menggunakan media kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. LAN tersusun dari elemen hardware dan software yaitu :

1. Komponen Fisik meliputi Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, dan Topologi jaringan.
2. Komponen Software meliputi Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, dan Protokol Jaringan.
3. Brainware adalah administrator dan pengelola jaringan.

LAN pada umumnya berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang menggunakan perangkat switch, dengan kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Demikianlah Pembahasan tentang LAN , semoga dapat digunakan sebagai referensi bagi anda yang ingin ataupun sedang mempelajari jaringan komputer khususnya LAN.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

TOTAL PEMBACA MINGGU INI

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Belajar Pemrograman Komputer Secara OTODIDAK.