Program Pascal Luas Persegi Panjang

Kali ini program pascal yang akan dibuat adalah program luas persegi panjang, namun, karena ini adalah program mudah maka tipe data akan saya gunakan tipe data bulat ( integer ) sehingga setiap input yang dimasukkan harus bilangan bulat. tidak boleh bilangan pecahan/berkoma. namun, untuk yang akan datang saya akan usahakan untuk membuat program yang lebih baik lagi. bagi yang sudah penasaran silahkan dilihat script programnya dibawah ini.

versi gambar
script Program Pascal Luas Persegi Panjang
Program Luas Persegi Panjang
versi text

program luas_persegi_panjang;
uses crt;
var lebar,panjang : integer;
    luas : real;
begin
     clrscr;
     writeln('Program Luas Persegi Panjang ');
     writeln;
     write('Masukkan Panjang (CM) : ');
     readln(panjang);
     write('Masukkan Lebar (CM) : ');
     readln(lebar);
     writeln;
     luas:=panjang*lebar;
     writeln('Luas Persegi Panjang = ',panjang,' X ',lebar, ' = ',luas);
     readln;
end.

Tampilan Output Program

Program luas persegi panjang
Tampilan program saat running
Penjelasan Script : tidak banyak yang akan dijelaskan dari script diatas, yang harus diingat saat menginputkan nilai panjang dan lebar tidak boleh menggunakan koma misalnya : 10.7 atau 5.1 karena tipe data yang digunakan adalah integer ( bilangan bulat ). jika anda menginput angka berkoma maka program akan langsung erorr dan kembali ke tampilan kode. saya rasa hanya itu saja dan saya rasa juga anda sudah bisa memahami script program yang sederhana ini. masih mencari program pascal lain ? silahkan klik disini untuk melihat program pascal yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

TOTAL PEMBACA MINGGU INI

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Belajar Pemrograman Komputer Secara OTODIDAK.