Contoh Program Pascal Perulangan

Contoh Program Pascal Perulangan  -  perulangan pascal yang paling mudah untuk dipakai adalah for.. to .. do atau for.. downto.. do dimana for to do dipakai untuk perulangan yang naik dan for.. downto do dipakai untuk perulangan yang nilainya menurun. dibawah ini saya akan mencoba membuat program pascal dengan perulangan yang sederhana agar gampang dimengerti oleh sobat semua.

script program pascal perulangan

program contoh_perulangan;
uses crt;
var a,b : integer;
begin
     clrscr;
     writeln('Masukkan Banyak Perulangan yang diinginkan : ');
     readln(a);
     for b:=1 to a do
     begin
     writeln('Belajar Pascal Sangat Menyenangkan');
     end;
     readln;

end.

Tampilan Output Program Perulangan Pascal
Contoh Program Pascal Perulangan

Penjelasan Script 

inti dari program ini adalah program akan mencetak kalimat Belajar Pascal sangat menyenangkan sebanyak input yang diberikan oleh user. jika diberi nilai 5 maka akan dicetak kalimat belajar Pascal sangat menyenangkan sebanyak 5 kali. ini merupakan fungsi dari perulangan for b:=1 to a do yang ada di script. nilai b diset 1 dan a adalah nilai yang diberikan user. jadi jika a diberi nilai 10 maka perulangan akan terjadi dari 1 sampai 10. maka scirpt akan menjadi for b:=1 to 10 do dan program akan mengeksekusi kalimat ini sebanyak 10 kali.

mungkin ini dulu program sederhana yang bisa dibagikan. terima kasih telah menyediakan waktu untuk membaca program sederhana yang mungkin bisa membantu tugas-tugas kuliah ataupun sekedar menambah ilmu anda tentang bahasa pemrograman pascal.


5 komentar:

Pengikut

TOTAL PEMBACA MINGGU INI

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Belajar Pemrograman Komputer Secara OTODIDAK.